Monday, September 15, 2014

AWKitchen: Italian Cuisine Meets Japanese Twist

Restoran asal Tokyo yang dimotori oleh seorang celebrity chef ternama ini telah mengundang antisipasi para pecinta kuliner semenjak ia resmi dibuka. Saya pun bergegas kesana untuk mengusir rasa penasarannya.

PASTAHOUSE AWkitchen adalah restoran milik Akira Watanabe yang berasal dari Tokyo, Jepang sejak tahun 2004. Akira sendiri merupakan mantan sosok Master Chef dibalik Global Dining yang menangani Café La Boheme, Tableaux, Stellato, Gonpachi, dan lain-lain. Kini ia khusus memfokuskan diri pada bisnis makanan, termasuk mengukuhkan nama restoran ini yang disingkat menjadi AW.

Terletak di Plaza Senayan, inilah pertama kalinya AWkitchen dibuka di luar negeri selain Jepang. Konsep yang diusung adalah restoran keluarga. Untuk itu area dibagi menjadi 2, yaitu smoking area bagi para tamu yang merokok, serta area non smoking pada sisi belakang untuk yang tidak ingin terkena asap rokok, terutama anak-anak. Tentunya, pembagian ini menjadi nilai plus tersendiri.

 

Nuansa desain interior dipilih dari paduan gaya eksotis dan modern. Seperti sisi langit-langit yang terlihat cantik berkat hiasan lampu-lampu daur ulang kaya warna hasil kreasi beberapa seniman asal Brazil, Spanyol, dan Kolombia, atau eratnya ciri khas Italia yang diwakili oleh selimut bebatuan pada sebagian sudut dinding.

Layaknya di negeri Sakura, AWkitchen di Jakarta juga menganut konsep open kitchen. Maka, para tamu bisa melihat langsung Tanaka Hidekazu (executive chef) dan Hiroshi Sano (sous chef) tengah hilir mudik menyiapkan aneka pesanan dengan ketelitian tinggi. Satu perbedaan yang terletak antara AWkitchen Jepang dan Jakarta adalah hanya disini Anda akan menemukan hidangan pizza. Mereka dimasak langsung di dalam tungku api tradisional untuk memperkuat aroma dan cita rasa yang asli.

Nah, sekarang mari kita beralih ke menu. AWkitchen membaginya atas beberapa kelompok, diantara lain cold appetizer, hot appetizer, cold pasta, pasta, risotto, dan lain-lain. Dari cold appetizer terdapat beberapa nama seperti Black Angus Beef Tataki with Soy Truffle Sauce dan Salmon Salad with Arugula Fresh Orange. Sedangkan untuk hot appetizer ada Dory Fish Potato Pancake atau ‘Soup of The Day’ yang dapat Anda tanyakan langsung pada saat berkunjung. 




Ternyata, kekuatan AWkitchen terletak pada kreasi-kreasi cold pasta yang terbuat dari homemade pasta serta bahan-bahan yang begitu segar. Jangan lewatkan lezatnya Cappelini Genovese with Sea Urchin dan Cappelini in Lemon Cream Sauce with Crab and Code Roe sebagai pilihan main course utama Anda. Jika mengidamkan pasta yang kaya akan saus, tenang, AWkitchen telah menyiapkan 3 macam homemade sauce yang menggugah, yaitu cheese & cream, tomat, serta kombinasi garlic, oil & cayenne. Cita rasa yang diramu oleh bahan-bahan alami berkualitas membuat tiap sajian terasa ringan namun tetap berkarakter kuat.

Seperti untuk menu ikan, misalnya. Sengaja tertulis di buku menu ‘catch of the day’, sebab jenis ikan yang ditawarkan memang tergantung dari yang tersedia saat itu. Selain itu, AWkitchen juga menawarkan hidangan ayam organik yang dipanggang dengan wasabi pepper sauce, menghasilkan rasa yang tak hanya nikmat tapi juga unik.



Suasana nyaman semakin didukung oleh pelayanan yang ramah dan sangat helpful. Jangan segan bertanya mengenai menu-menu bernama cenderung ‘asing’, karena para pelayan akan sigap membantu menjelaskannya kepada Anda. Akhirnya, kunjungan pun ditutup sempurna oleh sajian Banana and Strawberry Tiramisu yang manis nan lembut. Rasa-rasanya AWkitchen sukses memenuhi ekspektasi lewat segala keunikan dan kelebihan yang dibawanya.


(photos: Doc. AWkitchen)


AWkitchen
Plaza Senayan Level P4
Ph: 021 5790 6071
Opening hours: 10.00 – 22.00
Average Spending per person: Rp 100.000 – Rp 250.000
Twitter: @awkitchen_jkt