Sunday, September 14, 2014

Giyanti Coffee: The Coziest Spot to Chill


Perjalanan panjang dibawah terik matahari pada siang hari itu terbayar sudah ketika saya tiba di coffee shop mini nan teduh itu. Berikut paparannya.


Letaknya persis di seberang jejeran tempat jual tas-tas antik di daerah Menteng. Ada sebuah plang kayu bernama ‘Giyanti Coffe’ menjulang sehingga ia tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Lokasinya sedikit ‘nyempil’ di dalam, namun ia benar-benar cozy dan terasa private. Nyatanya, cukup banyak kalangan ekspatriat yang dapat seharian menghabiskan waktu disini.

Atmosfer vintage industrial menyambut hangat ketika kita memasuki coffee shop berkapasitas 50 orang ini. Semerbak aroma kopi yang kuat menghampiri hidung. Nama Giyanti sendiri simbolik dari artian tanah Jawa. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa sebagian besar biji kopi yang disediakan disini asli berasal dari Indonesia, seperti Garut dan Bali. Bahkan, gerai ini sendiri tutup setiap hari Minggu – Selasa karena sang owner berkeliling ke beberapa kota di tanah air untuk mencari biji kopi terbaik!


Sesap saja nikmatnya secangkir Java Natural Coffee Latte hangat dengan tekstur buih creamy lembut dan aroma buah-buahan alami. Istimewanya, ada after taste berupa brown sugar di lidah walaupun ia tidak ditambahkan gula sedikit pun. Sempurna sekali ketika ia dinikmati bersama camilan pastry buatan Giyanti Coffee sendiri. Ada Chicken Mushroom Pie, dengan daging ayam dan jamur melt yang lezat di dalamnya untuk pilihan savory. Sedangkan untuk yang manis, wajib dicoba Apple Pie khas Giyanti. Kulit pastry yang hangat dan renyah itu nampak keemasan. Ketika digigit, cita rasanya sungguh garing dan lelehan caramelized apple di dalamnya berpadu dengan manis.




Kedai kopi ini juga seru untuk cuci mata, lho. Tersedia berbagai jenis mainan kuno seperti congklak, hingga miniatur becak yang tertata rapi. Uniknya, mejanya sendiri merupakan gerobak alat angkut kopi zaman dahulu lengkap dengan dua buah roda di sisi-sisinya.

Ingin bersantai dengan tenang sembari melepaskan diri dari penatnya kesibukan ibukota? Silahkan berkunjung ke Giyanti Coffee dan nikmati kekayaan rasa kopi Indonesia disini.

(photos by: Natasha)


Giyanti Coffee & Roastery
Jl Surabaya no. 20, Menteng, Jakarta Pusat
Telp: (021) 3192 3698
Harga: Rp 6.000 – Rp 37.000
Jam buka: Pk 9.30 – Pk 17.30 (hari Rabu sampai Sabtu)