Sunday, September 14, 2014

Ikuze: Pop Arts, Great Fusion & Kanpai!

Awalnya, saya sempat dibuat kebat-kebit oleh ‘gerbang kayu’ raksasa yang membuat restoran satu ini terlihat bak sebuah kerajaan kecil yang eksklusif. Namun pikiran tersebut langsung terbuang jauh-jauh ketika ia tiba di dalamnya.

Modern dan friendly! Begitulah kesan yang saya tangkap ketika melangkahkan kaki ke restoran yang sebelumnya juga ada di Epicentrum Kuningan ini. Sepanjang mata memandang, sebagian besar dinding di Ikuze dilapisi oleh lukisan-lukisan komikal bergaya Jepang kental dengan corak warna-warna cerah. Semuanya terpatri begitu detil, bagaikan pop art modern yang memberi kesan santai serta playful pada atmosfernya.


 

Uniknya, di Ikuze Kemang Village ini ada jejeran food stalls yang terbagi sesuai dengan jenis masakannya masing-masing, seperti grilled stall atau sushi stall. Sehingga, para pengunjung pun dapat menyaksikan sendiri proses pembuatan makanan mereka secara lebih seksama. Tak hanya itu, suasana bak street food di Jepang pun terbangun dengan apik disini. Lampion-lampion merah menggantung di langit-langit, lengkap disertai pepohonan sintetis yang benar-benar membuat Anda serasa tengah ‘berkelana’ ke suatu sudut kecil di negeri Sakura yang dipenuhi oleh warung-warung makan pinggir jalan di sekelilingnya. Istimewa, bukan?

 Para pelayan berbalut kimono nampak sibuk mondar-mandir dengan nampan kayu di tangan. Sekaranglah saat yang tepat untuk mulai mencicipi kreasi modern Japanese fusion food by Ikuze! Tanpa basa basi, saya langsung memilih Sushi sebagai starter. Maka, hadirlah Crazy Crab Shake Roll di hadapan. Tampilannya saja sudah menggiring air liur di dalam mulut. Bagaimana tidak, rentetan panjang sushi dengan potongan besar-besar itu nyaris ‘tenggelam’ dalam limpahan mayonnaise, thousand island, serta yang membuatnya unik, taburan abon ayam di atasnya. Sedangkan di dalam tiap-tiap potongan sushinya sendiri penuh sesak akan isian crab stick, timun, dan salmon segar. Dalam satu gigitan saja, paduan rasa creamy, gurih, serta crunchy berkat telur-telur ikan yang ‘meletus’ di lidah terasa ‘meledak’ di dalam mulut! Wow, it just tastes great and definitely a must try! 


 
Beralih ke menu berikutnya yang tampil tak kalah cantik, hadirlah Crazy Tempura Morimoto. Dalam satu mangkuk besar ini hadir beberapa jenis tempura sekaligus, sebutlah tempura udang, scallop, snapper fish, jamur shiitake, dan baby carrot. Uniknya, Ikuze tidak menggunakan saus kecap asin seperti menu tempura kebanyakan, melainkan Blue cheese dressing sebagai pengganti. Yup, dressing ini memiliki cita rasa serupa akan mashed potato berkat kandungan kentang di dalamnya, dan semakin sempurna karena dipadu oleh blue cheese dengan rasa asin keju yang lebih gurih. Tak disangka, renyahnya tempura melebur cantik dengan si Blue cheese dressing ini. Benar-benar satu karya fusion yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

 
Belum puas dimanja oleh dua menu andalan sebelumnya, kini datanglah si primadonna, Ikuze Hambagu. Bentuknya sedikit mengingatkan akan burger, tapi ia memiliki base nasi Jepang yang tercetak bulat utuh. Diatasnya terdapat dua lapis beef patty, telur mata sapi, serta taburan rumput laut. Yang lebih membuatnya istimewa adalah saus kecokelatan di sekelilingnya yang ternyata terbuat dari kedelai hitam dan jamur. Rasanya sedikit tajam, namun ada sentuhan asin dan manis dari bumbu-bumbu yang khas. Nikmat sekali disantap selagi panas!

Perut kenyang, saatnya beralih ke bar kayu dengan lampu neon bertuliskan “Kanpai!” (dalam bahasa Jepang bermakna: “Cheers!”) yang terletak di sudut restoran. Disini kita dapat bersantai sembari memilah milih sake, cocktail atau mocktail yang tepat untuk menemani kala sore hari. Segelas Sap of Lily rasanya pas sekali bagi para pecinta buah, karena ia terbuat dari racikan yoghurt, jeruk, leci, susu, dan sentuhan melon syrup. It’s creamy and fresh!


Jika mulut masih ingin ngemil-ngemil cantik, Ikuze menyediakan desserts manis seperti Green Tea Cold Crepes with Kiwi & Melt Choco atau Ogura Chocolate Banana. Hmm.. iri kan? Silahkan saja tancap gas ke Ikuze Kemang Village!


(photos by: Sofyan Effendi)


Ikuze
Kemang Village Lt. UG Unit 00.01
Ph: 021 295 283 56
Price range: Rp 15.000,00 – Rp 280.000,00
Twitter: @IkuzeJakarta