Wednesday, February 18, 2015

Moi Bistro: Bringing Vietnamese and French Cuisines under One Roof

Moi Bistro terletak menyempil di antara jejeran spot kuliner yang belakangan ramai bermunculan di sepanjang pinggir Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan. Meski begitu, ia langsung menarik perhatian berkat cat bangunannya yang berwarna merah menyala. Rupanya hal ini mempunyai alasan tersendiri. “Jika di Tiongkok warna merah identik dengan keberuntungan, di Vietnam warna merah melambangkan kebahagiaan. Atas pengertian positif itulah, kami memilihnya untuk tampilan depan,” jelas Reni, selaku Marketing dari Moi Bistro.

 
Suasana rumahan didukung dengan tata artistik yang unik juga menjadi salah satu faktor menonjol dari bistro yang telah beroperasi semenjak November 2014 ini. Di satu sisi dinding terdapat mural memanjang bergambar ayam jago yang konon merupakan jenis hewan terpopuler di Vietnam. Selain itu, Anda juga akan menjumpai sejumlah lukisan menarik berbahan dasar kain yang diboyong langsung dari negara tersebut. Tentunya, sentuhan interior bergaya Perancis tidak ketinggalan meramaikan atmosfer Moi Bistro, layaknya lampu-lampu gantung elegan dan botol-botol beserta gelas wine yang tertata rapi pada sebuah rak.

Ya, bistro ini memang sengaja mengangkat kuliner Vietnam dan Perancis secara bersamaan. Alasannya, makanan-makanan khas mereka sudah diterima dengan baik di lidah orang Indonesia, namun belum ada satu tempat yang khusus menghadirkan keduanya. Moi Bistro pun berkomitmen untuk menyajikan aneka hidangan fresh, sesuai dengan namanya (“moi”) yang dalam bahasa Vietnam berarti “segar”.

 
Untuk itu, mari kita mulai dengan menu-menu khas Vietnam! Adalah Pho Noodle yang terbagi atas empat pilihan topping, yaitu Boiled Beef, Mix, Raw U.S. Meat, dan Raw Wagyu. Khusus untuk raw meat, sebelumnya Anda wajib mencampur kuah kaldu panas di dalam mangkuk dengan lembaran-lembaran daging sapi yang masih berwarna kemerahan tersebut hingga menciptakan tingkat kematangan medium. Pho yang juga berisikan rice noodle (serupa kwetiau tetapi lebih tipis dan lembut) dan kandungan Vietnam Sweet Basil ini pun siap disantap, lengkap dengan tambahan daun ketumbar, tauge, cabai merah, daun bawang yang disajikan terpisah agar Anda dapat mengombinasikannya sesuai selera.

Sementara itu, kreasi Banh Mi yang tersedia juga tak kalah menggugah. Hidangan yang seringkali disebut “sandwich ala Vietnam” ini sedikit dimodifikasi oleh Moi Bistro dengan menggunakan baguette sebagai roti utama, dan pate di dalamnya. Usut punya usut, pate ialah semacam ‘selai’ yang terbuat dari hati ayam dan umum digunakan di Perancis sebagai sandingan roti berkat cita rasanya yang gurih. Selanjutnya, silakan saja memilih isian Banh Mi yang diinginkan, seperti Chicken Ham, Roasted Beef, Roasted Lemongrass Chicken, hingga Duck Confit.

 
Bicara mengenai Duck Confit, rupanya ia masih menjadi sajian Perancis ikonik yang begitu digemari di sini. Bebek dimasak selama dua jam dengan teknik khusus untuk mencapai kulit yang mengilat dan garing serta daging bagian yang senantiasa empuk dan juicy. Wah, padu-padan bersama red wine sauce dan potato gratin semakin menjadikan menu ini sempurna!

Oh, ya, jangan dulu beranjak sebelum mencicipi racikan Mocktails andalan Moi Bistro. Salah satunya bernama The Herbalist, mocktail unik yang terbuat dari campuran daun ketumbar, jus nanas, dan mint. Tak disangka, kandungan daun ketumbar ternyata enak juga saat dijadikan minuman segar. Anda pun dapat menambah alkohol cukup dengan Rp45.000,00 dan voila, segelas cocktail unik siap menutup kunjungan Anda di Moi Bistro!


(photos by: Sofyan Effendi)



Moi Bistro

Jln. Gunawarman No.71
Jakarta Selatan
Tlp: 021-27510244
Instagram: @moi_bistro
Jam buka: 07.00—10.00 (breakfast); 11.00—23.00
Average spending: Rp100.000,00—Rp150.000,00 per person