Wednesday, February 18, 2015

Mengulik Jajanan Unik Pasar Santa

Jika jenuh berkunjung ke mal atau kafe, tak ada salahnya menyambangi Pasar Santa yang belakangan tengah ramai menjadi buah bibir di kalangan masyarakat luas dan media sosial. Sejak pertengahan 2014 denyut nadinya kembali dihidupkan oleh kehadiran beragam hal unik, utamanya terkait dengan kuliner!


1.    Gayo Bies Coffee

Seturut namanya, Gayo Bies Coffee diambil dari nama dataran tinggi Gayo yang terletak di wilayah Aceh tengah. Daerah tersebut memang dikenal luas sebagai penghasil biji kopi Arabika Gayo yang juga digunakan sebagai bahan utama di kedai yang satu ini. Berdiri semenjak Agustus 2014, Gayo Bies Coffee mengusung konsep kedai yang menyerupai rumah tradisional. Maka, rasanya begitu hangat dan akrab bagaikan tengah bercengkrama di ruang makan atau pun teras rumah sendiri. Sajian kopi andalan di sini ialah Gayo Bies Duren yang memadukan espresso, es krim vanilla, dan durian dalam satu cangkir. Bila Anda bukan penikmat durian, tersedia pula Gayo Bies A la Mode yang hanya mengkombinasikan kopi dan es krim saja. Aroma harum serta tekstur creamy yang dihasilkan oleh kopi Arabika Gayo khas Aceh pun sanggup membuat mulut ini tak henti menyeruputnya. Anda pun dapat memilih biji kopi medium roasted untuk karakter asam atau dark roasted yang cenderung pahit. Silakan saja melengkapinya dengan aneka gorengan yang ada, seperti risoles, tahu isi, atau pun lumpia.


twitter.com/gayobiescoffee
Buka: Selasa—Minggu, 12.00—20.00
Harga: Rp13.000,00—Rp35.000,00



2.    Legoh

Tempat makan yang aslinya berbasis di Bandung ini merupakan salah satu spot di areal food court Pasar Santa yang saban terlihat ramai akan antrean pengunjung. Nama Legoh diambil dari marga sang empunya, Leon, yang juga merupakan personel dari grup band Koil. Ternyata tak hanya bermusik, beliau juga mahir dalam memasak, terutama masakan daerah asalnya, Manado. Untuk itu siap-siap menjumpai menu-menu yang sebagian besar didominasi oleh cita rasa pedas, semisal Nasi Goreng Rica, Ayam Cabe Ijo, Kangkung Mampus, sampai Iga Rawit. Tingkat kepedasannya terdiri dari tiga level yang bisa dipilih, yakni Pedas Santai, Pedas Mampus, dan Super Mampus bagi Anda yang sanggup berkutat dengan cita rasa pedas yang menggigit! Tenang saja, masih ada beraneka sajian lainnya yang termasuk kategori ‘aman’ dan tidak berpatok pada penggunaan si cabai merah. Coba saja Nasi Goreng Hitam (terbuat dari tinta cumi dengan potongan-potongan cumi kecil dan telur mata sapi) atau yang tak kalah menjadi favorit, Ayam Gotep, alias Ayam Goreng Tepung. Sebagai alternatif menu berat, Legoh turut menjagokan camilan Keju Aroma, yaitu keju berbungkus kulit lumpia goreng yang dapat dinikmati bersama keju, susu kental manis, atau es krim.


twitter.com/legoh_jkt
instagram.com/legoh_jkt
Buka: Selasa—Minggu, 11.00—21.00
Harga: Rp24.000,00—Rp45.000,00



3.    Roast Beef Gusto

Meski baru beroperasi kurang lebih satu bulan semenjak November 2014, booth mungil Roast Beef Gusto kian sesak akan para penikmat daging yang ingin mencicipi hidangan roast beef bintang lima dengan harga kaki lima ini. Keistimewaan Roast Beef Gusto terletak pada penggunaan daging sapi murni yang telah dibumbui kurang lebih semalaman lalu dimasak pan fried sehingga terasa empuk, berserat, dan juicy dengan bumbu yang meresap. Cara penyajiannya dapat menggunakan roti bak sandwich atau pun nasi berikut salad. Selanjutnya, roast beef dikombinasikan lagi bersama mayones dan saus BBQ, caramelized onion, serta topping unik berupa bayam yang digoreng hingga kering menggunakan minyak wijen hingga menimbulkan tesktur renyah tatkala disantap. Cukup merogoh kantong Rp25.000,00 saja, Anda sudah dapat menikmati Roast Beef Gusto dan dijamin kenyang.


Instagram.com/roastbeefgusto
Buka: Rabu—Minggu, mulai pukul 16.00
Harga: Rp25.000,00

   
4.    Bbo Bbo Kogi


Kuliner asal Negeri Ginseng juga hadir di Pasar Santa. Ialah Bbo Bbo Kogi. Kios sederhana yang memiliki interior bersuasana kayu dengan poster-poster film Korea terpajang di dindingnya ini menyediakan Korean BBQ sebagai jagoannya. Jenis daging terbagi atas empat, yakni striploin, chadol baki, lidah, dan bulgogi. Lokasi yang terletak di dalam pasar tidak menutup kesempatan para pengunjung untuk turut mengalami sensasi memasak sendiri di atas panggangan arang yang akan disediakan pada masing-masing meja. Cara menyantap yang dianjurkan ialah selayak Korean BBQ aslinya, yaitu dengan membungkus potongan daging matang beserta bawang putih di dalam salada lalu mencocolnya dengan ssamjang alias saus pedas khas Korea. Sebagai pemuas dahaga, cobalah Yujacha, minuman segar berupa perpaduan soda dan madu. Untuk menyempurnakan pengalaman menikmati kuliner Korea, tutup sesi makan-makan lewat dessert Bingsu atau es serut yang tersedia atas varian Oreo, Keju, dan Leci. Yumm!


Instagram: @bbobbokogi
Buka: Selasa—Minggu, 12.00—15.00 dan 18.00—21.00
Harga: Rp17.000,00—Rp48.000,00



5.    D.O.G

D.O.G merupakan singkatan dari Dudes of Gourmet. Ia sangat mudah ditemui karena letaknya yang strategis tepat di tengah-tengah food court Pasar Santa. Kekhasannya terletak pada booth berwarna hitam yang juga diselaraskan dengan signature menu berupa Hot Dog yang menggunakan buns berwarna serupa. Yup, ialah D.O.G’s Black Hot Dog! Usut punya usut, warna roti yang unik ini berasal dari wijen hitam. Anda wajib mencoba varian andalannya yang kerap paling laris dipesan, yakni Black Hot Dog with Cheese Sauce. Sosis berukuran cukup besar itu diapit dengan roti hot dog empuk lalu ‘dihiasi’ dengan caramelized onions, homemade yellow sauce, dan cheese sauce serta beef bacon yang gurih dan renyah. Dalam satu hari, D.O.G dapat menghabiskan sekitar 150 hot dog berkat antusiasme pengunjung yang kerap membludak. Maka, siap-siap untuk mengantre, ya!

Instagram: @diyoji

Buka: Rabu—Minggu, mulai pukul 17.00
Harga: Rp35.000,00—Rp55.000,00



Other recommended stalls:

1.    ABCD Coffee (A Bunch of Caffeine Dealers)

Instagram: @abcd_coffee
Jam buka: Pantau akun jejaring sosialnya karena jam buka yang tidak menentu
What to try: Aneka kopi yang diracik langsung oleh para barista handal dengan kualitas yang tak kalah dengan kedai-kedai kopi ternama

2.    Papricano Mexican Cantina
Instagram: @papricano_mexicancantina
Buka: Rabu – Minggu, 15.00 – 21.00
What to try: nachos, taco, burrito, quesadillas, horchata

3.    Ketan Pasar
Instagram: @ketanpasar
Buka: Kamis – Minggu, 17.00 – habis
What to try: Ketan kelapa susu wijen, Ketan serundeng manis, Ketan duren duren, Ketan Jambal Mertua

4.    Kedai Aput
Instagram: @kedaiaput
Buka: Senin – Jumat, 11.00 – 18.00
What to try: Lidah Cabai Hijau, Ayam Kecombrang, Bakwan Jamur Merang, Es Kunyit Asam

5.    Mie Chino
Instagram: @mie.chino
Buka: Selasa – Sabtu (mulai dari Pk 12.00), Minggu (Mulai Pk 14.00)
What to try: Mie Karet Ayam Jamur

6.    Barnana
Instagram: @barnana_jkt
Buka:  Sabtu & Minggu, 15.00 – habis
What to try: Nutella, Salted Caramel, Crispy Milo, Corn Flakes

7.    Roti Eneng
Instagram: @roti_eneng
Buka: Pantau akun jejaring sosialnya karena jam buka yang tidak menentu
What to try: Matcha Crème, Peanut Butter Jelly, Nanas Keju, Es Cokelat Garam Laut, Susu Almond Madu