Monday, June 9, 2014

Cloud: Bersantap di Atas Awan

Satu lagi tambahan impresif di peta kuliner ibukota tercinta. Ya, lounge yang akan kita telusuri ini memang tengah mencuri banyak perhatian. Bagaimana tidak, dimulai dari tempatnya saja, ia sudah membuat penasaran. Cloud terletak di lantai 49, The Plaza Office Tower, Thamrin. Untuk mencapainya, Anda harus melalui lift khusus tersendiri. Tenang, jangan dulu merasa ‘terintimidasi’, karena para resepsionis yang ramah akan siap memandu Anda untuk menuju kesana.

Sesampainya diatas, Anda akan langsung terbuai oleh semilir angin dan pemandangan yang memanjakan mata. Cloud memiliki konsep 360 derajat, maka dengan bentuknya yang melingkar, Anda dapat menyaksikan tampilan kota Jakarta dari berbagai sudut. Bahkan di kala jam-jam tertentu dimana langit masih cenderung ‘jernih’, secercah pantai Ancol berikut kapal-kapalnya dapat terlihat dengan kasat mata. Seakan-akan kerumitan Jakarta pun lenyap dalam sekejap, yang tersisa hanyalah hamparan langit dan lampu-lampu kota yang perlahan mulai menyala tatkala senja. Splendid!


Cloud sendiri telah resmi beroperasi semenjak akhir Januari silam. Ia merupakan bagian dari divisi MRA Food & Beverage yang juga menaungi Hard Rock Café. Konsepnya cenderung formal, namun tetap diberi sentuhan urban melalui adanya graffiti-graffiti berikut tanaman hijau yang menjalar di beberapa sisi dindingnya. Tak heran, karena Cloud ingin menekankan identitasnya sebagai lounge, dimana para pengunjungnya dapat berkumpul ramai-ramai sembari berbagi cerita. Kebanyakan table didominasi oleh sofa-sofa memanjang, namun ada juga pilihan untuk duduk-duduk di dekat rooftop bar. Oh ya, rooftop bar ini tak kalah unik, karena setiap sore menjelang malam, akan ada api yang berkobar pada bagian ‘atap’nya. Kapan lagi bersantai di bar yang terletak langsung di pinggir ketinggian ibukota? Jika Anda bertujuan untuk meluangkan waktu secara private, tersedia pula beberapa spot yang yang lebih tersembunyi, namun tetap menghadap pemandangan luar.

Setelah cukup lama menghabiskan waktu berkeliling dan mengagumi keseluruhan tempat, saya pun memutuskan untuk duduk di area bar dan memilah-milih menu yang ada. Ternyata sesuai dengan konsep lounge, nyaris keseluruhan hidangan tersaji dalam porsi sharing. Sebutlah tapas, pizza, hingga salad and dip.


Petualangan kuliner pun saya mulai dengan Stewed Wagyu Beef on The Ciabatta Bread with Gratin Aioli. Menu dengan nama yang cukup rumit ini terbagi atas beberapa Ciabatta bread (roti putih khas Italia) yang mengapit suiran-suiran daging wagyu di dalamnya. Mereka tertata rapi diatas talenan kayu. Pada gigitan pertama saja, Anda langsung dapat menebak mengapa menu ini termasuk salah satu yang favorit. Diluar ekspektasi, paduan roti dan daging tersebut terasa amat empuk dan juicy! Tingkat kematangan wagyu yang pas membuatnya melt di dalam mulut. Sungguh sempurna dipadupadankan dengan Ciabatta bread yang berkarakter gurih dan kenyal.

Setelah dibuat terkesan oleh hidangan pertama, saya pun tertarik untuk mencicipi kategori ‘Broken Fried Eggs’. Ia memiliki 3 variasi, yakni disertai Spanish Ham & Green Pepper, Foie Gras & foam potato, dan yang terakhir sekaligus menjadi pilihan kali ini, Spanish sausage & Foam Potato. Sekilas tampilannya mengingatkan akan mashed potato, namun nyatanya ia jauh berbeda. Tersaji dalam panci stainless mungil, menu ini merupakan paduan telur setengah matang yang dicampur bersama potongan-potongan kentang dan sosis (bisa sosis sapi atau babi). Rasanya bak seporsi santapan breakfast yang kaya akan protein sekaligus mengenyangkan. Lembutnya telur dan renyahnya sosis maupun kentang sanggup membuat menu creamy ini tak terlupakan. Hingga saat ini, Cloud merupakan satu-satunya tempat yang menyajikan Broken Fried Eggs.

Selebihnya, masih banyak lagi seleksi menu-menu sharing yang pantas untuk dilirik. Diantaranya ada Nachos, Marinated Salmon with Yogurt Sauce, Grilled Australian Rib Eye with Asparagus, Grilled Octopus with Extra Virgin Olive Oil, atau Cheese Platter yang terdiri dari 5 jenis keju berbeda disajikan bersama mixed fruits dan kacang-kacangan. Soal rasa, ‘dapur’ Cloud dipimpin oleh para Chef ahli, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi.


Nah, acara cemal cemil belum lengkap tanpa segelas minuman dingin yang menyegarkan bukan? Cloud menawarkan pengalaman berbeda melalui satu spot menarik yang disebut ‘Vodka Room’. Bak ruangan pendingin, temperatur di dalamnya mencapai 0 derajat Celcius. Di dalamnya dipenuhi jejeran Grey Goose Vodka, salah satu vodka terbaik dunia. Dengan suhu sedingin itu, 2 shot vodka terasa normal-normal saja, namun rasakan sendiri sensasinya ketika Anda sudah beranjak keluar!


Kebetulan langit malam sudah mulai menggelayut. Saatnya untuk menuntaskan hari yang penat bersama racikan signature para bartender Cloud. Saya berkesempatan untuk menyesap jejeran cocktail andalan mereka, diantaranya ada Apple Rosetini yang refreshing, Vanilla Cloud yang terasa lembut, dan Tiramisu, yaitu perpaduan Baileys, Bacardi White Rum, dan Tia Maria yang menimbulkan buih-buih creamy di lidah.
Momen melepas penat sembari ditemani pemandangan malam yang indah dari ketinggian terasa sempurna sudah. Cloud sukses memberikan pengalaman lengkap dalam rupa lounge & living room dengan sensasi yang berbeda dan sajian berkelas.


(photos by: Sofyan Effendi)


Cloud Lounge & Living Room
Altitude, The Plaza Office Tower Lantai 46 & 49
Jl MH Thamrin Kav. 28-30, Jakarta Pusat 10350
Ph: 021 2992 2450
Opening hours: 15.00 – 02.00
Price range: Rp 40.000 – Rp 450.000
Twitter: @Cloud_JKT

No comments:

Post a Comment