Wednesday, June 25, 2014

Gourmand Bistro: A Unique Blend of French & Japanese Cuisines

satu lagi spot yang muncul untuk meramaikan dunia kuliner Ibukota. gourmand, yang berarti “seorang pencinta makanan enak”, telah resmi berdiri sejak agustus 2013. konsepnya menyerupai restoran di eropa yang berciri khas elegan dan romantis. hal ini dapat dilihat dari balutan interior kayu berwarna gelap yang memberikan kesan eksklusif serta sofa dengan bahan kulit yang mempertegas impresi tersebut. jejeran kaca juga terpatri di tiap sisi restoran yang terbagi atas area indoor dan outdoor ini sehingga para pengunjung dapat bersantai sembari menikmati pemandangan luar. dengan tambahan open kitchen yang higienis, pengunjung dapat turut menyimak proses masak di gourmand bistro. 



keunikan utama terletak pada menu-menunya yang merupakan perpaduan tak biasa antara masakan perancis dan jepang. bayangkan saja, foie gras with teriyaki sauce, garlic rice and homemade curry sauce, atau mini tenderloin with ginger sauce and miso. lezatnya cita rasa kuliner perancis pun menjadi lebih ‘ramah’ di lidah berkat sentuhan taste jepang yang sudah familiar.

daripada semakin tidak sabar, yuk, kita temui menu pembuka kali ini, yakni fried tofu with honeyed soy sauce. pada dasarnya, ia merupakan tofu yang digoreng tepung hingga garing lalu ditaburi lembaran-lembaran rumput laut di atasnya. selain renyah, cocolan soy sauce jepang yang kental turut menciptakan sensasi gurih. hidangan ini memang pas sekali sebagai appetizer.

jika masih belum puas, silakan pesan minced US beef pizza with miso dressing & arugula. porsinya tepat untuk disantap beramai-ramai. satu yang membuatnya berbeda adalah bentuk pizza utuh menyerupai persegi panjang, bukan bulat seperti kebanyakan. tumpukan daging sapi murni yang dipadu bersama lumuran saus miso terasa sungguh creamy. kombinasi cerdas ini cocok melengkapi tekstur pizza yang tipis dan kering.


nah, sekarang saatnya beralih ke main course. semangkuk besar tiger prawn pasta with tomato sauce & katsubuoshi menjadi pilihan saat itu. jenis pasta yang digunakan ialah fettuccine buatan langsung gourmand bistro. bentuknya yang gepeng dan kenyal dimasak bersama tomato sauce, namun tidak dengan daging layaknya bolognese. sebagai gantinya, jejeran tiger prawns tebal kemerahan menghiasi menu unik ini. mengapa unik? tentu saja berkat tambahan si katsuoboshi! walaupun namanya cukup asing di telinga, sebenarnya katsuoboshi sudah sering kita temui di berbagai menu masakan jepang, contohnya takoyaki. ya, ia adalah ‘lembaran-lembaran’ tuna yang telah dikeringkan hingga menciptakan aroma smoky saat dimakan. secara keseluruhan, salah satu main course andalan gourmand bistro ini memang layak untuk dicoba. perpaduan ‘lain daripada yang lain’ ini surprisingly saling mengimbangi dengan sempurna di dalam mulut. manisnya tomat, segarnya udang, dan gurihnya katsuoboshi memberikan pengalaman baru yang istimewa dan tak terlupakan.


nyatanya, untuk urusan dessert pun, bistro berkapasitas 80 orang ini siap untuk membuat anda tak sabar mencicip. salah satunya ada apple & banana beignets. beignets rupanya adalah donat ala perancis dengan adonan padat tanpa bolongan di tengahnya. sebagai gantinya, ia diisi potongan-potongan apel dan pisang berbalut tepung goreng renyah. dengan taburan gula halus, mereka disantap bersama saus cokelat serta es krim rasa kopi atau vanila. rasa manis dan lembutnya enak sekali, pas untuk menutup kunjungan kita kali ini.


jangan terburu-buru beranjak keluar karena gourmand bistro masih memiliki koleksi french pastries yang tak kalah enak. bahkan, beberapa jenisnya turut di-mix dengan ‘resep’ jepang, lho, seperti matcha eclair yang sayang untuk dilewatkan. non appetit!


(photos by: sofyan effendi)


Gourmand Bistro
Street Gallery Pondok Indah Mall 1, GF No.G08
Ph: 021 29529724
Opening hours: 10.00—00.00
Price range: Rp 30.000,00 — Rp 365.000,00
Twitter: @GourmandBistro

No comments:

Post a Comment