Thursday, March 12, 2015

Akira Back: Innovated Japanese

Terlahir dari bakat seorang chef profesional yang telah mendunia, Akira Back yang juga diambil dari nama beliau kini telah menjadi sebuah restoran berkelas yang kerap berinovasi melalui sajian-sajian khusus dan istimewa. Kishi Ereny berbagi cerita. Meski lahir di Korea, Chef Akira Back rupanya  memiliki ketertarikan khusus pada masakan Jepang. Hal ini terlihat dari dua restoran pendahulunya, yaitu Kumi Japanese Bar & Restaurant di Mandala Bay serta Yellowtail di Las Vegas yang mengantarnya pada penghargaan “Best Chef in Las Vegas” oleh Las Vegas Weekly. Selain itu, Chef Akira Back juga dikenal sebagai celebrity chef yang telah menghidangkan hasil karyanya di meja tamu-tamu ternama seperti Bill Clinton, Paris Hilton, dan Fergie.



Nah, kini Anda juga berkesempatan untuk mencicipi istimewanya aneka kreasi ciptaan Chef Akira Back karena restoran Akira Back telah membuka pintunya di Jakarta sejak Mei silam. Terletak di ketinggian Lantai 12 Penthouse MD Place Building, restoran ini menyajikan atmosfer berbeda dari daerah Kuningan yang biasanya rentan akan kemacetan pada hari-hari kerja. Hamparan gedung-gedung beserta kendaraan yang terlihat mungil dari atas dapat menjadi teman Anda saat menyesap segelas signature cocktail kala sore hari. Terlebih lagi, suasana yang akrab akan suasana kayu alami membuatnya terasa nyaman.


Akira Back memiliki areal yang terbagi tiga, yaitu bar, dining, serta VIP room. Kapasitasnya cukup luas, bahkan ia dapat menampung hingga 250 pengunjung. Dengar-dengar, ia juga rutin mengadakan wine pairing. Maka, terdapat pula sebuah wine room pada satu sisi yang dipenuhi oleh botol wine dari berbagai negara seperti Amerika, Italia, dan Spanyol. Sedangkan, pada areal dining berdirilah open kitchen yang menampakkan para chef andal tengah beraksi di baliknya.

Pada saat itu, saya memilih duduk di dekat bar agar berkesan lebih kasual. Setelah saya bertanya-tanya pada waiter untuk rekomendasi menu, sepiring bulat Tuna Pizza pun hadir sebagai appetizer. Dari tampilan saja ia sudah terbilang ‘berbeda’. Tak ada pizza dough tebal berikut topping yang ramai di atasnya. Yang ada hanyalah lembaran-lembaran tuna sashimi yang diiris dengan ketelitian tinggi hingga ketebalannya persis merata. Hmm, aroma truffle oil yang amat khas menyambangi hidung dalam sekejap. Tuna Pizza ini juga mengandung saus ponzu mayo yang semakin memperkuat cita rasanya. Absolutely recommended!


Menu selanjutnya, AB Tacos, pun muncul di hadapan. Ia menggunakan isian wagyu kalbi dan spicy tomato ponzu yang menjadikannya terasa amat juicy. Tesktur ini juga menyeimbangi kulit nachos garing yang menyelimutinya. Kedua appetizer ini tersaji dalam porsi sharing, jadi silakan menikmati sembari berbagi cerita dengan rekan atau kerabat Anda.

Tentunya, sentuhan Jepang juga terasa pada kreasi sushi rolls di Akira Back. Salah satu yang unik ialah Pop Rockin. Sesuai namanya, sushi ini betul-betul menggunakan permen pop rocks yang meledak-ledak di lidah! Ia dipadukan bersama kepiting dan asparagus di dalamnya. Istimewa, bukan?

Kala weekend menjelang, biasanya Akira Back mengundang DJ sehingga para tamu dapat berkumpul hingga malam menjelang. Untuk itu, tak lengkap rasanya jika belum ada segelas cocktail di tangan. Maka silakan saja cicipi segarnya signature cocktails seperti Lychee Lush Lemongrass, Fruity Ramen Martini, atau Doragon Boru yang terbuat dari dragonfruit.

Keunikan Akira Back tak ayal menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang mendambakan sajian berkelas namun tetap dalam balutan cita rasa yang penuh akan petualangan. Selamat mencoba!


Akira Back Jakarta
MD Place Building, Penthouse / Level 12 
Jln. Setiabudi Selatan No.7
Setiabudi, Jakarta Selatan
Ph: 021 29040777
Price range: Rp 35.000,00 — Rp 2.500.000,00
Twitter: @akirabackjkt