Thursday, March 12, 2015

Pipiltin Cocoa: A Complete Chocolate Experience

Tak dapat dipungkiri, cokelat merupakan cemilan atau penganan paling populer yang digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kita pun boleh berbangga hati, karena nyatanya Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai produsen biji kakao terbesar di dunia! Hebat, bukan? Maka dari itu untuk membagikan manisnya kebaikan cokelat, Pipiltin Cocoa pun hadir sebagai dessert destination pertama di Jakarta dengan konsep ‘Bean to bar’.


Jika selama ini kita seringkali melihat proses coffee brew di kedai-kedai kopi, khusus di Pipiltin Cocoa kita dapat mengamati tahap-tahap pengolahan cokelat menjadi bahan makanan pada ‘open kitchen’ yang terletak di lantai bawah. Mulai dari roasting, winnowing, mixing, grinding, serta refining semuanya menggunakan alat-alat modern nan higienis.


Pipiltin Cocoa juga ingin memperkenalkan budaya cokelat asli dari Indonesia. Oleh karena itu, tempat bertema artsy industrial ini menghadirkan bahan cokelat asli dari dalam negeri yang ternyata kualitas dan rasanya tidak kalah, bahkan jauh lebih enak dari cokelat impor. Koleksi biji kakao yang tersedia berasal dari Pidie Jaya, Aceh, dan Tabanan, Bali. Sehingga rasa yang unik pun hadir dalam berbagai pilihan desserts karena masing-masing cokelat memiliki rasa yang khas, seperti Pidie Jaya yang bersifat kacang-kacangan dan Tabanan yang memiliki cita rasa bagai buah-buahan.


Istimewanya lagi, seluruh menunya dipresentasikan secara unik dan artistik! Tengok saja salah satu andalannya, Plated Floss. Sajian cokelat ini ‘terbungkus’ oleh cotton candy berwarna pink yang lembut bagaikan kapas. Mau yang lebih ‘beda’? Coba pesan Plated Egg No! Eits, jangan tertipu oleh bentuknya ya. Sekilas ia memang serupa dengan telur, lengkap dengan ‘kuning telur’ di dalamnya. Namun setelah dirasakan, ternyata ia pure terbuat dari cokelat asli! Teksturnya lembut dan sedikit kenyal. Bagian ‘putih telur’ merupakan panacotta, dilengkapi dengan crunchy chocolate crumbles di sekelilingnya. Kejutan lagi, si ‘kuning telur’ dibagian dalam terbuat dari racikan mango jam, sehingga timbul rasa buah-buahan segar untuk mengimbangi manisnya si cokelat. Plus ditambah lagi oleh passion fruit drops di bagian luar. This is definitely my favorite!

Khusus para pecinta Crème Brulee sejati, tentunya jangan sampai melewatkan sajian favorit tersebut di Pipiltin Cocoa. Dibalik kepingan coklat raksasa yang crunchy, terselip Crème Brulee cantik berwarna kuning kecokelatan. Rasanya sangat pekat akan butter dan caramel yang membuat citarasanya legit, dilengkapi pula oleh macadamia popcorn renyah yang semakin memanjakan lidah.


Selain itu ada juga Tiramisu lembut yang tertata cantik dengan penyajian berupa mangkuk kaca yang ditaruh di atas kepingan bebatuan. Tiramisu cake dengan citarasa kopi yang pas topped with chocolate caviar serta sticky marshmallows. Hmm.. Yummy! Saat berkumpul dan mengobrol bersama sahabat semakin lengkap sambil menikmati Plated Churros yang cocok untuk sharing. Disini tak hanya cokelat yang menjadi dipping utama, tapi sekaligus strawberry jam. Pipiltin Cocoa juga memiliki koleksi cakes lezat, diantaranya Green Tea Opera, Crunchy Chocolate Cheesecake, White Choco Cheese, Chocolate Bounty, hingga Macaroons. Wow, a total sugar rush!

Pipiltin Cocoa sukses menghadirkan pengalaman yang unik dan berbeda dalam menikmati cokelat. It’s truly an irresistible dessert destination in town for chocolate maniacs!



(photos: Doc. Pipiltin Cocoa)



Pipiltin Cocoa

Jl Barito 2 no.5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
Ph: 021 72800011
Price range: Rp 8.000 – Rp 180.000
Opening hours: 11.00 – 22.00
Twitter: @pipiltincocoa