Thursday, March 12, 2015

Cita Rasa Modern Japanese di Yellowfin

menginjakkan kaki di yellowfin serasa mendarat di negeri sakura. kita akan disambut oleh interior hangat bertemakan kayu, mulai dari dinding, meja, hingga frame menu. selain itu, ada pula hiasan-hiasan origami dalam berbagai bentuk dan warna, dilengkapi dengan jejeran aneka majalah berbahasa jepang.

konsep restorannya sendiri adalah sake bar and kitchen. siapa pun yang datang akan disediakan pilihan untuk duduk di sake bar dan menikmati atraksi dari para bartender atau pun di tempat duduk biasa di mana kita dapat melihat aksi dari koki-koki ternama yellowfin dalam meramu masakan yang merupakan perpaduan jepang autentik dan western. yellowfin sendiri memiliki arti ‘ikan ekor kuning’ yang sekaligus merupakan bahan dasar dari beberapa menu andalannya seperti hamachi sashimi dan hamachi jalapeno.



cita rasa japanese modern yang ditawarkan umumnya sesuai dengan lidah kita. variasi menu unik dengan porsi yang cukup besar pun ditawarkan mulai dari asparagus salad with fish roe mayonnaise, salmon pizza, tuna sashimi rice bowl, oyster salsa, 3 stars sushi (salmon roe, sea urchin, monk fish liver) sampai grilled food seperti ebi creamy spicy yaki. untuk minuman tersedia mulai dari beragam juice, cocktails, shochu sampai white dan red wine dengan ‘ramuan’ khusus khas yellowfin. pilihannya tergolong lengkap dan sanggup menggugah selera di tengah teriknya jakarta.

saat itu menu pertama yang saya santap adalah appetizer, spicy tuna salad. salad ini terdiri dari ikan tuna bertekstur lembut yang disajikan dengan lobak jepang (red raddish), negi (daun bawang), dan daun selada. kombinasi apik ini dibaluri yuzu dressing, yang memberikan citarasa sedikit asam dan pedas.

selanjutnya hidangan utama, gindara saikyo yaki. dari namanya pasti kita sudah tahu bahwa bahan utama yang digunakan adalah ikan gindara yang memang sudah terkenal dengan kelezatannya. sebelum disajikan, gindara dimarinasi sehari semalam dan disajikan dengan lotus root. tak sia-sia, rasa gindaranya lembut, sempurna, dengan sentuhan rasa manis yang merata hingga ke dalam lapisan. 





tidak tanggung-tanggung dua menu selanjutnya segera menghadang, spicy tuna burger dan hot! tonkotsu ramen. jangan dikira spicy tuna burger merupakan burger biasa, ia tidak menggunakan burger bun seperti pada umumnya namun diganti dengan sushi rice lengkap dengan nori yang menghimpit daging tuna tebal di bagian tengah plus daun selada segar. ukuran 1 porsinya cukup tebal dan tentunya mampu mengganjal perut. sedangkan  hot! tonkotsu ramen tidak kalah spesial. ramennya dibuat homemade dengan tekstur cukup kenyal namun tetap terasa lembut di lidah. untuk kuahnya, kaldu direbus selama 2 malam sehingga terasa gurih dan benar-benar kental. di sini kita dapat memilih juga tingkat kepedasan ramen yang kita inginkan, lho.

nah, untuk minumannya, ada green tea lemoncelo yang merupakan perpaduan dari vodka dan green tea. rasanya sungguh unik dan nikmat di lidah. selain itu, tokyo grapetini merupakan salah satu varian special dari japanese twist cocktail khas yellowfin. percampuran antara gin, contreau, lime, dan gome syrup yang sungguh menarik. cita rasanya tidak terlalu tajam namun ada sensasi manis yang menghampiri mulut ketika menggigit anggurnya yang berbalut gula.




seluruh bahan makanan yang digunakan oleh Yellowfin merupakan pure home made jadi tidak perlu lagi diragukan kualitas dan kesegarannya. restoran ini juga menyediakan ruang VIP untuk pengunjung yang ingin mengadakan acara atau keperluan meeting. untuk weekend mereka juga menyediakan hiburan DJ pada jumat dan sabtu malam.


(photos: doc. yellowfin)



Yellowfin
Jl. Senopati 1 no. 42, Jakarta Selatan
Ph: 021 7220394
Price range: Rp 22.000 – Rp 300.000 (food), Rp 20.000 – Rp 900.000 (drinks incl. wine)
Opening hours: 11.00 – 01.00 (Weekdays), 10.00 – 02.00 (Weekend)