Friday, March 13, 2015

Tajima Yakiniku: Japanese Authentic Yakiniku

Di antara deretan tempat makan yang membanjiri kawasan Pantai Indah Kapuk, menyembul satu spanduk besar bergambarkan shabu-shabu dengan isian daging dan sayuran yang menggoda. Ialah yang mengantar saya ke Tajima Yakiniku, yaitu restoran Jepang autentik yang mengunggulkan hidangan populer asal Negeri Sakura tersebut. Ia merupakan cabang pertama dari Jepang hasil kreasi Tajima Masayuki, sosok yang juga dikenal sebagai “Master of Meat” di sana. Dengan pengalaman berpuluh-puluh tahun lamanya, ia menjalankan sebuah toko daging yang senantiasa mengutamakan kualitas dan kesegaran.

Jepang sendiri memiliki tiga kategori premium wagyu terbaik dan Tajima Yakiniku menyajikan dua di antaranya, yakni Masuzaka dan Oumi Beef. Mereka memiliki tekstur daging yang amat lembut tanpa menyisakan alot sama sekali. Lepas dari itu, suasana autentik Jepang pun semakin diperkuat berkat elemen kayu bercorak gelap untuk desain interiornya. Wajah-wajah geisha yang cantik turut terpatri pada lukisan di dinding. Saat saya telah duduk manis di kursi, sang pelayan akan memberikan o-shibori (handuk hangat) sebagai alat pembersih tangan, persis seperti ‘ritual’ yang dilakukan di Jepang.


Nah, sekarang waktunya untuk mencicipi Yakiniku yang dijagokan. Alat panggang yang digunakan adalah arang asli demi mencapai aroma wangi yang lebih pekat. Pada bagian atas terdapat pipa penghisap asap yang menempel ke langit-langit. Psst, pipa-pipa ini juga diboyong langsung dari Jepang, lho. Berikutnya, datanglah rangkaian sayur-sayuran dan daging mentah yang kemudian langsung dipanggang di atasnya. Tajima Yakiniku menggunakan saringan bolong-bolong agar minyak yang keluar langsung jatuh ke bawah dan tidak tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

Sebagai penyedap, ada empat jenis saus yang mendampingi. Mereka adalah saus ponzu, lemon, wasabi, dan Tajima Special. Saus ponzu dan lemon yang bercita rasa asam-asam segar pas dipadukan bersama Jo Tongue (lidah sapi), sedangkan wasabi dan Tajima Special yang gurih lebih fleksibel untuk dicocol bersama daging bagian apa pun. Semua bergantung selera. Cita rasanya pun akan semakin keluar di dalam mulut setelah meneguk bir atau shoju yang juga tersedia di sini. Sempurna!



Setelah dibuat terkesan oleh Yakiniku-nya, kini giliran Sukiyaki yang hadir untuk dicicip. Ia terbagi atas tiga pilihan, beef set, pork set, dan mix set. Seringkali di Indonesia, Sukiyaki disamakan dengan shabu-shabu. Namun, ternyata keduanya cukup berbeda, baik dari segi memasak maupun menikmatinya. Maka dari itu, Tajima Yakiniku mengajarkan cara untuk menikmati Sukiyaki dengan gaya khas Jepang. Utamanya adalah dengan mencampur saus Sukiyaki yang berwarna kecokelatan itu dengan segala isian yang diinginkan lalu uniknya, disantap bersama kocokan telur mentah. Awalnya ada rasa ketar-ketir yang menghampiri. Maklum, yang terbayang di kepala adalah aroma telur mentah yang cenderung berbau amis. Namun, setelah membuktikan sendiri dengan mencelupkan daging ke dalam kocokan tersebut, segala pikiran buruk terhapus dalam sekejap! Secara ‘ajaib’, tekstur daging menjadi lebih juicy dan empuk, serta sensasi saus Sukiyaki yang telah meresap di dalamnya pun terasa berimbang. Wow! Teknik serupa juga dapat Anda lakukan pada jamur atau sayur-sayuran.

Oh, ya, setiap set terdiri dari Couple atau Family Course dengan ukuran porsi yang telah disesuaikan. Mereka sudah termasuk appetizer, soup, hingga desserts segar yang dapat Anda pilih. Sekadar rekomendasi, Matcha Ice Cream milik Tajima Yakiniku akan terlalu sayang jika dilewatkan. So, see you there!


(photos: Dok. Tajima Yakiniku)



Tajima Yakiniku
Rukan Crown Golf
Blok D No. 25, 26, 27 Lantai 3
Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk
Ph: 021 29424980
Opening hours: 11.30 —22.00

Price range:
Rp 10.000,00 — Rp 118.000,00 (a la carte)
Rp 148.000,00 — Rp 599.000,00 (set menu)