Thursday, March 12, 2015

Suntiang: Ketika Masakan Padang dan Jepang ‘Disunting’ Jadi Satu

Konsep fusion yang beda dari yang lain ini mungkin sempat membuat Anda mengerutkan alis. Namun, bak kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang”, nyatanya banyak sajian menarik yang pantas diulik di Suntiang. Memasuki restoran yang satu ini bagaikan berada di rumah makan Padang bergaya premium. Interiornya terpoles rapi dengan warna-warna minimalis seperti hitam dan abu-abu yang memberikan kesan elegan, namun tetap cantik dan akrab dengan aksen ornamen kain songket di sisi-sisi dindingnya. Ada satu pemandangan yang menyita perhatian, yakni sebuah sushi bar di tengah-tengah, lengkap beserta conveyor belt yang menampilkan aneka sushi roll siap pilih. Lalu, hidangan apa yang sebetulnya ditawarkan oleh Suntiang?


Usut punya usut, sejak awal berdirinya pada November 2013 silam, restoran ini memilih konsep yang cukup unik, yakni memadukan cita rasa masakan Padang dan Jepang. Menurut mereka, kedua jenis kuliner ini memiliki kesamaan, seperti penggunaan bahan-bahan yang segar serta bumbu-bumbu yang kaya dan beraneka. Terlebih lagi, masakan Padang di sini mengacu pada salah satu restoran Padang ternama yang rasanya sudah awam di lidah kita.


Selanjutnya, siap-siap dibuat terpana oleh deretan kreasi menu Suntiang yang dijamin membuat Anda penasaran. Sebutlah Sup Gulai Kepala Salmon, Chicken Karage Balado Rice Bowl, Ramen Cabe Hijau, atau Ayam Pop Roll. Unik, bukan? Tenang, rasanya sudah diracik sedemikian rupa sehingga tak kalah enak.

Untuk membuktikannya, mari kita mulai dengan appetizer Edamame Balado dan Gyoza Duo Raso. Sepiring penuh edamame segar pun hadir dengan baluran sambal balado berwarna merah menyala di atasnya. Bulir-bulir edamame yang empuk nyatanya seru juga tatkala berpadu dengan pedasnya sambal balado di mulut. Sedangkan, Gyoza Dua Raso, sesuai namanya, ia terbagi atas dua jenis filling, yaitu rendang dan ayam balado. Keduanya terasa amat nikmat dengan kulit gyoza yang lembut setelah dipanggang, berikut cocolan tiga jenis saus yang mendampinginya. Mereka terdiri dari saus gulai mayo, rendang, dan balado mayo. Semua terasa sungguh pas!

Setelah dibuat kagum oleh makanan pembuka, kini tibalah saatnya mencicipi main course. Jejeran sushi yang sedari tadi mondar-mandir di conveyor belt bagaikan sudah memanggil-manggil untuk dilahap. Maka, Rendang Roll pun menjadi pilihan utama pada hari itu. Tampilannya persis bak sushi pada umumnya, namun dengan potongan daging rendang yang berada di dalam dan bagian atasnya. Ia dilengkapi kyuri, lettuce, serta tentunya lelehan saus rendang mayo racikan Suntiang. Surprisingly, kombinasi ini menciptakan taste yang memang enak di lidah. Daging rendangnya terasa segar, empuk, dan sausnya yang kesat memberikan kesan tersendiri ketika disantap bersama nasi Jepang.



Masih menggunakan lauk masakan Padang yang ternama alias rendang, menu berat selanjutnya merupakan Nasi Goreng Rendang. Bentuknya tampak cantik dengan balutan telur dadar yang melindungi nasi goreng aromatik di dalamnya. Sesaat ini mengingatkan kita akan Omurice, menu khas Jepang yang memiliki tampilan serupa. Tak hanya bumbu rendang, Anda juga akan menemukan suiran-suiran daging rendang di baliknya. Nasinya pun terasa pulen dengan campuran bumbu-bumbu yang telah meresap baik ke dalamnya. Lamak bana!

Sebagai penutup, belum afdol berkunjung ke Suntiang kalau belum mencoba minuman andalannya, Green Suntiang. Segelasnya terdiri dari racikan kiwi, jus apel, jeruk, serta matcha syrup. Segar sekali. Selain itu, turut juga cicipi Laman Katan Sarikayo, dessert manis tradisional yang akan menyempurnakan kunjungan Anda.


(photos by: Hardiman Widjaseno)


Suntiang 
Pondok Indah Mall 2, 3rd Floor (Restaurant Row)
Ph: 021 7592 0529
Opening hours: 10.00 — 22.00
Price range: Rp 23.000,00 — Rp 94.000,00
Twitter @SuntiangResto