Saturday, March 21, 2015

Hope Town: Kitchen & Tea Room

‘Mitos’ yang menyatakan bahwa makanan vegetarian mesti melulu berwarna hijau dan hanya terdiri dari sayur-sayuran telah dihapus jauh-jauh oleh restoran yang satu ini. Ya, Hope Town hadir memberikan angin segar bagi para pemburu kuliner unik, terutama untuk kaum vegetarian. Mengapa unik? Restoran yang mengusung konsep kitchen and lounge ini menawarkan sajian-sajian berbahan dasar nabati yang diolah lagi menjadi hidangan lezat bergaya Western dengan sentuhan twist Asia. Berbeda dengan tempat makan vegetarian lain, Hope Town berpaku pada healthy comfort food. Alih-alih menggunakan gluten sebagai ‘daging buatan’, bersiaplah untuk dibuat terkejut dengan bahan-bahan alami tumbuhan seperti umbi-umbian, tahu, hingga tempe yang diolah secara saksama sehingga cita rasanya tak kalah enak dibandingkan hasil hewani.



Tak usah berlama-lama lagi, mari kita sapa hidangan pembuka kali ini di Hope Town. Sepiring besar Pizza Al Funghi hangat pun tampil di depan mata dengan aroma krim dan keju yang langsung menyambangi hidung dalam sekejap. Ya, dari namanya pasti Anda sudah dapat menebak bahwa topping utama untuk homemade pizza buatan Hope Town ini adalah jamur. Dua jenis jamur yang digunakan adalah jamur Champignon dan Portabello. Keduanya memiliki tekstur yang sangat kenyal di mulut dan berpadu sempurna dengan crème royal yang lembut. Rasa asin dan gurih pun turut diperkaya dengan keju parmesan serta melted cheese di atasnya. Hmm, tak heran rasanya jika ia merupakan salah satu menu favorit di restoran yang menampilkan open kitchen ini. Kalau Anda menginginkan alternatif saus yang lebih segar dan spicy, Hope Town Speciale Vegetables Pizza yang ‘bermandikan’ topping sayur-sayuran dan BBQ sauce dapat dicoba.

Saatnya beralih ke menu fusion yang lebih unik. Enoki Fristo Misto pun menjadi pilihan. Masih menggunakan jamur sebagai ‘primadona’, kali ini yang dipilih adalah jamur Enoki khas Jepang. Jamur-jamur Enoki tersebut digoreng hingga garing dalam balutan tepung lalu ditaburi rumput laut dan cabai kering. Satu yang juga membuatnya istimewa adalah cocolan saus honey mustard dengan sensasi rasa manis sebagai pendamping. Saat disantap, berbagai paduan elemen menyeruak di dalam mulut. Hebatnya, kekayaan tekstur dan cita rasa dari menu ini sanggup berpadu dengan apik!




Nah, yang ditunggu-tunggu pun tiba. Sang menu utama muncul di hadapan, ia tak lain dan tak bukan adalah Hope Town Nasi Campur. Jangan berkecil hati dulu. Dari segi tampilan, Nasi Campur di sini boleh serupa dengan Nasi Campur Bali yang mungkin telah sering Anda temui. Namun, lauk-pauk yang ‘meramaikannya’ pasti tidak akan Anda sangka-sangka. Yang paling menarik perhatian adalah sepasang tusuk sate lilit. Mereka memang tampak bak sate lilit biasa yang umumnya terbuat dari daging ayam. Namun, khusus di Hope Town, mereka adalah tahu, tempe, dan kacang kedelai yang diolah bersama. Hasilnya? Tekstur yang sangat empuk dan tasty! Tidak ketinggalan Rendang Besakih yang dibuat dari kaki jamur, kedelai, dan kacang merah. Bahkan, serat-serat yang kerap muncul saat kita mengunyah rendang turut timbul. Untuk sesaat, Anda mungkin akan melupakan bahwa yang tengah disantap adalah substitusi daging. Menu ini terasa semakin nikmat dengan nasi merah, tempe kering, serta emping renyah. Sempurna.

Hope Town sendiri mampu menampung lebih dari 250 orang dengan kedua tingkat lantainya yang masing-masing memang cukup luas. Sebuah tangga melingkar akan mengantar Anda ke bagian atas yang memiliki pastry bar. Judul “Kitchen & Tea Room” bukanlah tanpa sebab karena Hope Town turut menyediakan aneka teh dari daun teh lokal pilihan yang berkualitas dan recommended. Sekadar informasi, sebagian pendapatan Hope Town selalu disalurkan bagi yayasan-yayasan yang bergerak di bidang sosial. Maka, tak hanya menggapai tubuh sehat, kita pun sekaligus berbagi kasih pada yang membutuhkan.


(Photos by: Hardiman Widjaseno)


Hope Town Kitchen & Tea Room
Permata Kuningan Building #01-01
Jln. Kuningan Mulia Kav. 9C, Jakarta 12980
Ph: 021 29069777
Opening hours: 07.00 — 23.00
Price range: Rp 20.000,00 — Rp 85.000,00

No comments:

Post a Comment